Sebagian masyarakat Desa Bukit Batu, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, melaksanakan perayaan natal di desa ini pada tanggal 25 Desember 2020. Desa Bukit Batu merupakan desa pesisir yang mempunyai keragaman etnis dan agama. Dari sisi etnis, suku Melayu Sambas merupakan etnis mayoritas, diikuti oleh suku Dayak dan suku Madura. Dalam jumlah kecil terdapat keturunan China dan etnis-etnis lainnya.

Dalam perayaan natal 2020, Kepala Desa Bukit Batu, Bapak Harianto melakukan silaturrahmi kepada masyarakatnya yang merayakan natal, khususnya di wilayah Bangkam. Silaturrahmi ini bertujuan memperkuat solidaritas dan toleransi dalam masyarakat Desa Bukit Batu.

Tokoh masyarakat Bukit Batu, Bapak Adis Sada Ahe, mengatakan bahwa hubungan kekeluargaan, toleransi, saling membantu dan menghargai dalam masyarakat Desa Bukit Batu masih sangat tinggi. “Masyarakat yang berbeda suku dan agama bisa hidup rukun dan damai”, kata Adis. Karena itu, Adis berharap supaya kondisi guyup ini bisa terus dipelihara di desa ini, demi kebaikan bersama warga desa.

Adis melanjutkan bahwa silaturrahmi antar warga juga dilakukan saat ada perayaan hari besar agama lain. Tujuannya adalah untuk membangun persatuan antar warga. (Admin)

(featured image: Adis Sada Ahe)