Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dalam konferensi pers akhir tahun, Senin (28/12/2020) mengatakan bahwa penanganan covid19 merupakan prioritas pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional tahun 2021. “Penanganan pandemi covid19 melalui vaksinasi adalah game changer dalam mencapai sasaran pembangunan 2021″, kata Suharso dalam konferensi pers tersebut.

Tantangan yang dihadapi Indonesia memang tidak mudah. Tingkat penularan covid19 masih sangat tinggi. Bahkan, saat ini sudah muncul varian baru corona di Inggris dan sejumlah negara lainnya. Karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah membuat kebijakan larangan masuk bagi warga asing ke Indonesia sejak tanggal 1 sampai 14 Januari 2021.

Suharso menegaskan bahwa penanganan covid19 akan diperkuat dengan proses vaksinasi. Hal ini diharapkan bisa mendukung fokus pembangunan nasional pada 2021 seperti pemulihan industri dan pariwisata, penguatan sistem ketahanan pangan, reformasi sistem kesehatan nasional hingga penguatan SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi.

Sementara itu, Direktur RIB Yusdi Usman, mengharapkan pemerintah memperbaiki pendekatan yang masih lemah dalam penanganan covid19 selama ini, termasuk meningkatkan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran APBN terkait covid19, serta membangun public trust (kepercayaan publik) dalam penanganan covid19 yang belum membaik. “Jika public trust meningkat, maka kepatuhan sosial masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan juga akan membaik”, tambah Yusdi. (Admin)