Desa Bukit Batu merupakan salah satu desa yang berada dalam kawasan industri strategis nasional di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Di desa ini sedang dibangun pabrik smelter milik BUMN PT Borneo Alumina Indonesia (BAI). BAI merupakan anak perusahaan BUMN PT Antam dan PT Inalum. Keberadaan smelter PT BAI akan berdampak secara besar pada kehidupan masyarakat desa ini.

Tokoh masyarakat Desa Bukit batu, Bapak Adis Sada Ahe, yang juga sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) mengatakan bahwa masyarakat Desa Bukit Batu menyambut baik kehadiran smelter PT BAI. “Kami berharap bahwa kehadiran perusahaan ini dapat memberi kesejahteraan kepada masyarakat kami”, kata Adis dalam diskusi dengan tim Rumah Indonesia Berkelanjutan beberapa waktu lalu.

Bapak Adis Sada Ahe (kiri berbaju hijau) di depan papan nama Desa Bukit Batu

Namun demikian, lanjut Adis, masyarakat desa ini perlu diberdayakan dengan lebih baik. Kalau tidak diberdayakan, maka masyarakat desa akan tersisih dan tidak mampu bersaing dengan pendatang yang akan bekerja di berbagai perusahaan di wilayah ini. Pemberdayaan yang dibutuhkan bukan hanya menjadi pekerja di perusahaan-perusahaan, melainkan juga membangun ekonomi masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Bukit Batu, Bapak Harianto, dan Sekretaris Desa Bukit Batu Bapak M. Sa’rani, bahwa kemajuan masyarakat Desa Bukit Batu, salah satunya, dipengaruhi oleh kehadiran perusahaan-perusahaan yang menjadi bagian dari proyek strategis nasional ini.

SDGs Desa saat ini digunakan oleh Kementerian Desa PDTT dan pemerintah daerah dalam pembangunan desa.

Untuk memperkuat kerangka kerjasama Pemerintah Desa Bukit Batu dengan berbagai pihak, saat ini pemerintah desa sedang mengkaji upaya pengintegrasian indikator-indikator SDGs (Sustainable Development Goals) dengan perencanaan desa yang ada dalam RPJMDes Desa Bukit Batu. Proses integrasi SDGs ini dilakukan dengan pendampingan dari tim Rumah Indonesia Berkelanjutan (RIB) dan Tim Gubernur Kalimantan Barat.

Ketiga tokoh Desa Bukit Batu ini berharap bahwa kerjasama kemitraan yang bagus antara Desa Bukit Batu dengan PT BAI dan perusahaan-perusahaan lainnya bisa terbangun dengan baik ke depan. (Admin)