Dinamika yang terjadi sepanjang tahun 2020 menghadirkan tantangan yang tidak mudah. Karena itu, tahun 2020 menjadi tahun yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi covid19 yang kehadiran dan dampaknya tak terduga, mulai menggagalkan satu per satu rencana pembangunan dan memporak-porandakan stabilitas pembangunan dan perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Demikian disampaikan Ketua IAP2 Indonesia, Aldi M. Alizar, dalam sambutan akhir tahun 2020.

Meskipun menghadapi tantangan berat, menurut Aldi, semua pihak tidak boleh kalah dengan pandemi ini. “IAP2 Indonesia berupaya untuk menjadi organisasi yang berperan aktif dalam memulihkan sektor-sektor terdampak pandemi dengan menerapkan prinsip partisipasi.”, tegas Aldi.

Salah satu kegiatan seminar IAP2 Indonesia sebelum covid19. (Foto: istimewa)

Karena itu, lanjut Aldi, IAP2 Indonesia berhasil memberikan catatan mengesankan dengan menjadi mitra non-pemerintah di Kementerian PPN/Bappenas. IAP2 Indonesia mendapat dukungan dari UNESCAP untuk penyelenggaraan acara Multi-Stakeholder Partnership. Selain itu, IAP2 Indonesia juga menyelenggarakan diskusi terbatas yang bertopik “Partisipasi dan Ekonomi Hijau untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Pascapandemi” dengan stakeholder dari kalangan pemerintah, akademisi, dan sektor swasta. “Alhamdulillah, ini merupakan kemajuan yang berhasil kita raih ditengah tantangan pandemi”, tambah Aldi.

Banyak kemajuan lain yang berhasil dikerjakan oleh IAP2 Indonesia, termasuk penyelenggaraan webinar dengan Global Water Partnership (GWP); webinar dengan PLAN International Indonesia, dan webinar dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). IAP2 Indonesia juga terlibat dalam inisiasi platform Collaboration on Fostering Recovery through Economic Empowerment (CoFREE) Initiative.

Di tengah tantangan pandemi yang belum berakhir, Aldi berharap semoga di tahun 2021 kita semua bisa bertemu dalam situasi dan suasana yang lebih baik. Karena itu, tegas Aldi, penguatan partisipasi publik untuk kebaikan bersama dan peningkatan kolaborasi multipihak, akan membuka jalan dalam melawan pandemi ini secara bersama-sama. (Admin RIBnews)